Penentuan Service Area Pelayanan Fasilitas Kesehatan Kota Palu dengan Menggunakan ArcGIS 10 Network Analyst tools

Posted on February 24, 2012

6



Secara administratif Kota Palu adalah ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, yang dibagi dalam 4 (empat) kecamatan dan 43 kelurahan. Luas Kota Palu adalah 395,06 Km2 berada pada kawasan dataran Lembah Palu dan Teluk Palu yang secara astronomis terletak antara 0°,36” – 0°,56” Lintang Selatan dan 119°,45” – 121°,1” Bujur Timur, tepat berada di bawah garis khatulistiwa. Adapun pembagian batas administrasi Kota Palu ialah sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Tawaeli, Kabupaten Donggala, sebelah Selatan Kecamatan Marawola dan Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Donggala, sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Banawa dan Kecamatan Marawola, Kabupaten Donggala, serta sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Tawaeli, Kabupaten Donggala dan Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong.

Pembagian administrasi kecamatan dan kelurahan di Kota Palu dapat dilihat pada Tabel 4.1. Berdasarkan tabel tersebut dapat dilihat bahwa Kecamatan Palu Timur merupakan kecamatan terluas dengan luas 186,53 Km2 atau seluas  47,20% dari total luas Kota Palu dan Kecamatan Palu Barat merupakan kecamatan dengan luas terkecil yaitu seluas 57,47 Km2 atau 14,54% dari total luas Kota Palu, sedangkan Kelurahan terluas adalah Kelurahan Poboya Kecamatan Palu Timur dengan luas 63,41Km2 dan kelurahan terkecil ialah Kelurahan Ujuna seluas 0,49 Km2.

Kota Palu sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah merupakan pusat pelayanan utama bagi kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, Sarana Kesehatan merupakan salah satu dari beberapa sarana vital untuk melayani kebutuhan masyarakat yang harus memiliki standar yang baik dan pelayanan yang optimal, tapi tidak hanya itu sarana kesehatan juga dapat di capai dengan mudah oleh masyarakat agar tercipta pelayanan yang optimal namun efisien dalam pencapaiannya

Network Analyst merupakan tools yang di gunakan dalam melakukan analisis mengenai Service area sarana yang ada, service area di gunakan untuk melihat sampai sejauh mana pencapaain masyarkat terhadap sarana atau fasilitas berdasarkan satuan jarak maupun waktu. Kota Palu merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, pengukuran service area sarana kesehatan merupakan hal yang sangat perlu untuk melihat sejauh mana optimalisasi tingkat pelayanan sarana kesehatan di Kota Palu. Perhitungan service area tidak hanya untuk Rumah sakit tapi juga untuk Pusat Kesehatan Lokal seperti Puskesmas dan Puskesmas Pembantu.

Silahkan klik link ini untuk mendapatkan format lengkap dalam pdf

Posted in: Literature