Pembuatan Peta Kemiringan Lereng dengan ArcGIS 10

Posted on February 15, 2012

13



Kemiringan lereng merupakan data yang paling penting dan paling banyak di gunakan di berbagai bidang keilmuan spasial. Kebencanaan, Perencanaan wilayah, kehutanan sampai pertanian memerlukan data tersebut, slama ini kita kadang kesulitan untuk mendapatkan data tersebut bahkan mungkin harus membayar untuk mendapatkannya, padahal dengan data dem atau dtem gratisan seperti SRTM atau Aster GDEM kita dapat membuatnya.

Untuk mendapatkan data raster berbentuk poygon tak beraturan semisal batas administrasi dapat di dapatkan pada postingan terdahulu mengenai clip raster

1

Tetapi ketika kita membuat peta kemiringan lereng di Arcgis kita biasanya mendapatkan hasil yang bisa di katakana salah karena hanya memiliki 2 warna saja 0-89.9999 seperti pada gambar di atas.
Hal yang menyebabkan kasus seperti diatas adalah data raster yang masih dalam Sistem Koordinat Geographic yang memiliki satuan derajat-menit-detik yang menyebabkan nilai cell raster tidak dalam satuan metric, keadaan ini yang membuat software ArcGIS akan memasukan data dalam satuan sistem koordinat geographic dan hasilnya akan 2 angka yaitu nol dan 89.999.
Jadi langkah pertama yang harus kita lakukan dalam membuat peta lereng adalah memastikan sistem koordinat dari data raster yang akan kita olah. Jika sistem koordinat masih dalam sistem koordina geographic maka ubah dahulu sistem koordinat ke koordinat proyeksi semisal utm untuk mendapatkan satuan cell raster dalam satuan metric, dalam tutorial ini kita akan membahasnya satu per satu untuk mendapatkan peta kemiringan lereng seperti gambar dibawah

6

untuk mendapatkan tutorial mengenai pembuatan kemiringan lereng dapat anda dapatkan pada link ini

Advertisements