Network Analysis Rumah Sakit dan Sarana Kesehatan Kota Ternate

Posted on August 19, 2011

5



Network Analisis merupakan salah satu tools di arcgis 10 yang dapat digunakan untuk menghitung capaian, akses, pergerakan dan aksesibilitas, pada postingan ini saya mencoba untuk memberikan gambaran fungsi network analysis untuk menghitung pencapaian dan akses ke rumah sakit dan sarana kesehatan lainnya di Kota Ternate Maluku Utara

Pada penelitian ini saya melakukan perhitungan dan pemetaan terhadap dua indikator yaitu

1. Service area

2. Closest Facility

2



Dua indikator ini di gunakan untuk melihat sampai sejauh mana pelayanan rumah sakit dan sarana kesehatan lainnya di Kota Ternate yang dapat di akses oleh masyarakat dalam waktu tempuh 5, 10 dan 30 menit dan juga untuk melihat pilihan sarana kesehatan mana yang dapat di akses di bawah 30 menit dari sebuah lokasi di Kota Ternate

Cad Tutorial

Dalam melakukan penelitian ini saya menggunakan data:

1. Data SISPDPU Provinsi Maluku Utara berupa:

a. data

Jalan kota ternate (.shp)

b. Data bangunan Kota Ternate (.shp)

c. Administrasi Kelurahan Kota Ternate

d. Titik lokasi sarana kesehatan Kota Ternate

2. Citra Ikonos Kota Ternate tahun 2007

Penelitian ini tidak saya paparkan di blog ini tapi akan saya berikan link download, data penelitian ini berupa pdf untuk mendownloadnya silahkan klik link di bawah ini

Link download

Posted in: Literature