Digitasi Bag III (editing)

Posted on March 29, 2011

0



Setelah sekian lama vakum menulis tutorial arcgis akhirnya kembali lagi setelah mendapat program symantec backup dari seorang teman akhirnya saya bisa menggunakan arcgis 9 dan 10 di satu komputer yang sama

Baiklan kita melanjutkan bahan mengenai digitasi, kali ini kita menggunakan editor tools itu melakukan editing terhadap hasil digitasi kita

Editing fitur adalah dimaksudkan untuk mengedit hasil digitasi melalui
serangkaian aksi editing. Secara umum kegiatan editing mencakup
pembuatan fitur baru dan perbaikan fitur yang telah ada. Properti fitur
yang dieditpun tidak hanya terbatas pada geometry (bentuk) fitur saja,
tetapi juga mencakup attribut fitur itu sendiri.
Tahapan yang umum dilalui dalam proses editing fitur adalah :
• Menampilkan Toolbar-toolbar Editing yang dibutuhkan.
• Mengaktifkan mode editing
• Melaksanakan operasi editing
• Mengakhiri mode editing yang disertai dengan penyimpanan hasil
editing.
Dukungan editing fitur pada Arcmap dapat dilakukan dengan
menggunakan toolbar-toolbar editing.

1

Gambar diatas adalah hasil digitasi dengan menggunakan “tools biasa” untuk melakukan digitasi pada arcgis biasanya kita menemui beberapa kendala dengan tool yang biasa tadi seperti untuk melakukan cutting, perintah trim dan extend pada undershoot dan overshoot dan lain-lain

Baiklah kita memulai mengenai pengenalan tool dan cara mengaktifkan tools

Watremark 2

Klik kanan pada jendela tools kemudian klik advance editing

2

  • Copy features untuk melakukan copy/paste terhadap polygon yang bentuknya sama
  • Fillet Tool. Digunakan untuk membuat lengkungan (kurva pada
    pertemuan 2 garis)
  • Extend Tool. Digunakan untuk memanjangkan garis hingga
    menyentuh garis yang terpilih.
  • Explode Tool. Digunakan untuk memecahkan fitur yang terdiri atas
    banyak bagian (multipart fitur) menjadi banyak fitur tunggal
    (singlepart fitur).
  • Smooth Tool. Digunakan untuk menghaluskan garis yang terpilih
    dengan cara mengubah segment yang kasar menjadi beberapa
    segment yang halus dengan penambahan titik-titik node/verteks.
  • Circle Tool. Digunakan untuk menggambar lingkaran. Gunakan
    tombol ‘R’ untuk menentukan radius lingkaran.
  • Rectangle Tool. Digunakan untuk menggambar segi empat. Tekan
    dan Tahan tombol ‘SHIFT’ pada keyboard untuk membuat bujur
    sangkar.

Contoh Kasus
1. Undershoot

3

Langkah penyelesaiannya adalah dengan menggunakan Extend Tool. Editor>Star Editing kemudian select garis tempat dimana garis yang akan di edit bersentuhan dengan garis yang terselect.

 

4

1 : garis yang
terpilih
2 : garis yang akan
diedit

arahkan kursor dan klik pada garis 2.

5

2. overshoot

6

Langkah penyelesaiannya adalah dengan menggunakan Split Tool. Editor>Star Editing kemudian select garis yang akan dipotong dan klik icon split lalu arahkan kursor ke garis yang akan dipotong. Gambar prosedur pengolahan gambar overshoot Hasilnya akan seperti pada gambar. Selanjutnya tinggal delete garis yang berlebih tadi.

Posted in: Tutorial